Yuk Mengenal Sejarah Baju Koko di Indonesia
Yuk Mengenal Sejarah Baju Koko di Indonesia
Baju Koko Kurta Setelan Pakistan DTHREE

DTHREE – Selama ini kita tahu kalau baju koko identik dengan pakaian pria muslim di Indonesia. Tapi tahu nggak, baju koko sebenarnya merupakan baju sehari-hari pria Tionghoa loh. Baju koko merupakan hasil adopsi warga Betawi dari baju sehari-hari pria Tionghoa yang biasa disebut baju tui-khim. Masyarakat Indonesia mulai mengenal baju tui-khim saat warga Tionghoa mulai berniaga di Indonesia. Simak sejarah lengkap baju koko di Indonesia di bawah ini.

Baju koko saat itu punya engkoh-engkoh Tionghoa. Pada abad 17 mereka membawa busana itu. Mereka didatangkan VOC ke Batavia untuk membangun kota ini. Pada saat itu warga Tionghoa belum merdeka dan masih menjadi budak orang Eropa. Ketika warga Tionghoa mendapat kemerdekaan, mereka nggak lagi memakai baju tui-khim. Hanya sebagian warga kelas menengah ke bawah yang masih memakai busana itu. jadi istilah baju koko muncul karena dulunya baju itu digunakan oleh engkoh-engkoh atau pria keturunan Tionghoa. Baju koko juga merupakan wujud asimilasi budaya Tionghoa dan budaya muslim.

Baju koko mulai marak digunakan pria muslim di Indonesia sejak 1980-an. Saat itu Islam mulai mendapat ruang dalam struktur negara maupun publik seperti sekarang. Awalnya baju koko hanya didominasi oleh warna putih sebagai lambang kesucian. Namun seiring berjalannya waktu, baju koko banyak didominasi oleh warna bahkan motif yang beragam. Selain warna dan motifnya yang beragam, keberadaan baju koko juga mudah didapatkan dimanapun disekitar tempat tinggal kalian semuanya dengan harga yang relative terjangkau.

Saat ini baju koko identik dengan pakaian untuk umat muslim pria baik dewasa maupun naka-anak. Disetiap hari raya atau acara keagamaan, baju itu seolah menjadi pakaian wajib pria muslim. Namun seiring berjalannya waktu dan berubahnya perilaku konsumen, baju koko ini bukan hanya dipakai saat lebaran atau hari besar Islam saja. Untuk saat ini banyak produsen busana muslim memodifikasi pembuatan baju koko yang lebih stylis sehingga bisa digunakan sehari-hari dalam berbagai acara apapun. Dari acara keagamaan seperti lebaran sampai kajaian bahkan sudah banyak juga yang dipakai buat jalan-jalan ke mall.

Wah, sekarang kamu nggak hanya memakai baju koko saja. Tapi juga tahu sejarah di balik baju koko sebagai identitas pria muslim di Indonesia kan? Nah, pertanyaannya sekarang khususnya pria yang akan berlebaran, sudah beli baju koko belum?

Dapatkan produk DTHREE di website dthree.co.id maupun di marketplace seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, dan Tokopedia.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

X

TOP

X