flash SALE HIJAB ANAK CUMAN 1.000

Tips Memilih Fashion Muslim yang Cocok Dipakai Anak

Fashion muslim anak memiliki desain semakin beragam yang disesuaikan dengan aktivitas anak. Contohnya seperti untuk sekolah, mengaji, bermain ataupun liburan bersama keluarga. Namun, dalam memilih pakaian yang nantinya akan dikenakan tidak hanya soal estetika namun juga kenyamanan bagi si kecil agar tidak menghalangi gerak aktif nya. 

Mengajarkan cara berpakaian yang menutup aurat sesuai ketentuan agama sejak usia dini menjadi pilihan yang diambil oleh para orang tua. Hal tersebut dimaksudkan agar anak memiliki jati diri sebagai seorang muslim dan muslimah. Cara berpakaian merupakan salah satu etika yang menjadi salah satu hal penting yang harus diterapkan dalam kehidupan sosial masyarakat. Etika dapat diartikan sebagai norma-norma moral yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur perilaku. Pemilihan pakaian dalam Islam bukan hanya sekedar menutup aurat saja, tetapi juga mencerminkan nilai-nilai etika, kesopanan, dan kebersihan. Berpakaian sesuai ajaran agama merupakan wujud ketaatan dan penghargaan terhadap norma-norma yang ada.  

Etika dalam berpakaian dan berpenampilan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan sehari-hari. Penampilan yang baik dan sopan akan meningkatkan rasa percaya diri, serta menciptakan kesan yang positif terhadap orang lain. Mengajarkan etika berpakaian kepada anak sejak dini sangatlah penting, agar dapat membentuk kepribadian yang baik dan membantu mereka beradaptasi dalam berbagai situasi sosial. 

Sumber : Dthree.co.id

Etika Berpakaian Seorang Muslim

Sebagai seorang muslim, kita diwajibkan untuk berpenampilan sesuai dengan ketentuan agama yang berlaku. Adapun untuk menumbuhkan kesadaran dalam hal berpakaian, hendaknya sudah diajarkan mengenai etika berpakaian sebagai seorang muslim sejak dini, agar anak mengetahui bagaimana seharusnya pakaian yang ia kenakan. Keharusan untuk menerapkan adab atau etika berpakain di kehidupan sehari-hari dapat dilihat pada surat al-Araf ayat 26, yang artinya “Wahai anak cucu Adam! Sesungguhnya Kami telah menyediakan pakaian untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagimu. Tetapi pakaian takwa, itulah yang lebih baik. demikianlah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka ingat.” (QS. Al-A’raf/7:26). Dengan kata lain individu diwajibkan untuk mengenakan pakaian yang dapat menutup aurat dan sopan.

Adab Berpakaian Sebagai Seorang Muslim

Secara umum aturan berpakaian untuk seorang muslim sudah ditentukan berdasarkan syariat yang berlaku, di antara ketentuan syariah dalam hal berpakaian untuk laki-laki adalah sebagai berikut:

  1. Menutup aurat, menurut kajian fiqih aurat laki-laki ada di antara pusar dan lutut.
  2. Larangan memakai emas dan sutera.
  3. Seorang muslim dilarang untuk menyerupai wanita.
  4. Tidak menyerupai orang kafir, baik yang dapat dilakukan melalui pakaian, sikap, dan gaya hidup.

Adab Berpakaian Sebagai Seorang Muslimah

Walaupun memiliki kesamaan dalam etika berpakaian, adab berpakaian bagi seorang muslimah berbeda dengan seorang muslim. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menutup aurat, aurat seorang muslimah mencakup semua bagian tubuh terkecuali dua telapak tangan dan wajah.
  2. Mengenakan jenis dan model yang ditetapkan syara’.
  3. Tidak tembus pandang
  4. Tidak menunjukan lekuk tubuh dan bentuk tubuh.
  5. Tidak tabarruj. 
  6. Tidak menyerupai laki-laki.
  7. Tidak tasyabbuh terhadap orang kafir.

Manfaat Mengajarkan Etika Berpakaian Sejak Dini

Dengan mengajarkan anak mengenai etika berpakaian sejak dini, maka akan membantu membentuk kepribadian yang nantinya akan terbawa hingga dewasa. Diharapkan ketika anak telah memahami etika dalam berpakaian, hal tersebut akan menjadi identitas dan jati diri yang dapat dijadikan sebagai tuntunan untuk menjalankan kehidupan sosialnya. Adapun manfaat yang diperoleh dari mengajarkan etika berpakaian sejak dini ialah:

  1. Pembentukan karakter
    Mengajarkan etika berpakaian sejak dini dapat membantu membentuk karakter yang lebih disiplin dan bertanggung jawab.
  2. Membangun rasa percaya diri
    Anak yang terbiasa berpakaian rapi dan sesuai etika cenderung akan memiliki percaya diri yang lebih tinggi, itu karena mereka akan merasa yakin dan nyaman dengan penampilan mereka.
  3. Menanamkan nilai-nilai sosial
    Mereka akan belajar menghargai dan menghormati aturan serta budaya yang ada di lingkungan sekitar. Selain itu hal ini dapat membantu mereka untuk diterima dan berbaur dengan baik di lingkungan sosial.
  4. Persiapan untuk kehidupan dewasa
    Mengajarkan etika berpakaian sejak dini membantu anak untuk mempersiapkan diri untuk kehidupan ketika dewasa, termasuk dalam lingkungan pekerjaan.
  5. Media mengekspresikan diri
    Anak dapat belajar mengekspresikan diri melalui pakaian dengan tetap mematuhi etika yang berlaku. Ini dapat membantu  mereka menemukan style mereka sesuai dengan kepribadian tanpa harus melanggar etika dan norma yang ada.
Tips Memilih Fashion Muslim Untuk Anak

Meskipun terkesan sepele, namun untuk memilih busana anak terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan agar anak tetap merasa nyaman ketika beraktivitas. Berikut ini telah dirangkum beberapa tips untuk memilih busana muslim untuk anak-anak agar tetap nyaman dan stylish.

Tips 1: Memilih pakaian dengan bahan yang nyaman
Bahan merupakan tips paling utama untuk diperhatikan ketika memilih fashion muslim anak-anak. Mengingat kulit anak-anak yang sangat sensitif terhadap bahan dari kain yang digunakan, apalagi untuk anak-anak yang pergerakannya aktif. Disisi lain, karena iklim di Indonesia beriklim tropis maka pemilihan bahan yang tepat akan membantu memberikan rasa nyaman pada anak ketika menggunakan pakaian tersebut. Beberapa contoh bahan yang bisa dijadikan pilihan adalah kain katun, kain linen, dan kain baby kanvas.

Tips 2: Menyesuaikan model dan motif pakaian
Pemilihan model dan motif pada pakaian menjadi tips penting kedua. Ketika mereka memiliki pakaian dengan model dan motif yang disukai akan membuat mereka nyaman dan percaya diri ketika mengenakannya. Untuk mengetahui apa yang mereka sukai, kita bisa menanyakan pada anak terkait motif dan model yang mereka sukai.

Tips 3: Menyesuaikan baju muslim dengan aktivitas anak
Menyesuaikan dengan aktivitas anak tidak kalah penting, kita perlu mengetahui aktivitas dan kegiatan seperti apa yang akan dijalani oleh si anak dengan busana tersebut. Agar nantinya terdapat kesesuaian terkait pakaian yang dikenakan dan kegiatan yang akan dilakukan.

Tips 4: Mencari Ukuran Yang Pas
Ukuran menjadi salah satu alasan yang menyebabkan ada atau tidaknya kenyamanan ketika memakai pakaian. Maka dari itu ketika akan membeli busana muslim hendaknya disesuaikan dengan ukuran si anak agar nantinya tidak terlalu besar maupun terlalu kecil.

Fashion Muslim Anak

Dengan berbagai manfaat yang telah dipaparkan, mengajarkan etika berpakaian sejak dini menjadi bagian penting dari pengembangan dan pendidikan karakter anak. Hal tersebut akan membentuk mereka tumbuh menjadi pribadi yang beretika, percaya diri, dan mampu beradaptasi dengan baik dalam lingkungan sosial. Untuk mengajarkan etika berpakaian yang sesuai syariat maka harus dibarengi dengan perasaan nyaman ketika mengenakan pakaiannya. Diharapkan beberapa tips yang telah dipaparkan dapat membantu untuk menjadi pertimbangan ketika akan membeli busana muslim untuk anak.

Mereka harus mendapatkan yang terbaik. Berbagai model baju muslim untuk anak-anak bisa didapatkan di Dthree. Tersedia berbagai pilihan fashion muslim anak dengan model dan warna yang akan membuat anak merasa nyaman dan sesuai dengan etika. Kunjungi Dthree dan dapatkan kenyamanan pada pakaian segera!

 

Author:  Siti Nurul Hanapiah