flash SALE HIJAB ANAK CUMAN 1.000

Mix and Match Baju Muslim Pria

Memiliki tampilan yang menawan saat memakai baju muslim tentu menjadi dambaan bagi setiap pria. Bagaimana tidak, seringkali penampilan menjadi salah satu aspek yang dilihat ketika baru bertemu pertama kali. Dalam psikologi terdapat istilah halo effect, First impression atau kesan pertama, yaitu rasa dan pikiran yang timbul dari orang lain di awal jumpa, bahkan ketika belum berbicara. Kesan ini memang bias, tapi bisa menentukan keseluruhan perjalanan relasi kamu. Maka dari itu menjaga penampilan tetap rapi dan bersih menjadi keharusan untuk membentuk image.  

Perkembangan Mode Pakaian Pria

Jika kita amati, mode pria telah berkembang seiring waktu. Mode pria tampak tidak terlalu rumit dan terkesan begitu-begitu saja. Berikut ini beberapa rangkuman evolusi mode pada pakaian pria dimulai dari tahun 70-an hingga 2020. Dimulai pada tahun 1970, mode fashion pria tidak bisa dijauhkan dengan tren kerah lebar pada setiap pakaiannya. Tidak kalah hype penggunaan celana cutbray juga menjadi salah satu fashion item pada era 70-an. Warna-warna cerah dan motif yang beraneka ragam juga menjadi ciri khas.

Tahun 1980 gaya preppy yang didominasi warna pastel dan motif garis-garis atau kotak-kotak pada item seperti jaket, celana panjang, kemeja rapi, serta t-shirt kasual cukup populer pada masa ini. Lanjut ke era 90-an pakaian bertemakan monokrom yang terdiri dari celana skinny, kemeja putih yang dipadukan dengan item yang lebih kasual, seperti kemeja flanel kotak-kotak, kemeja gingham, jaket denim, ripped jeans, dan leather jacket. 

Sedangkan pada era 2000-an Nuansa futuristik adalah awal dari sejarah perkembangan fashion di tahun 2000-an. Di era milenium inilah gaya fashion emo dan indie lahir. Gaya emo punya ciri khas berupa outfit serba gothic, mulai dari makeup, fashion, hingga tatanan rambut lurus menyamping yang hampir menutupi mata. Selain itu, pada dekade ini juga muncul tren indie yang identik dengan kebebasan. Ciri khas dari gaya ini antara lain celana jeans ketat, kaos v-neck, oversized sweater, dan sepatu kanvas dengan tali sepatu warna-warni. 

Gaya berpakaian pria di era 2020 belum mengalami banyak perubahan dari tahun sebelumnya. Di era ini, gaya busana yang mengutamakan fungsi tech wear banyak digunakan. Tak hanya itu, mereka juga berbondong-bondong mengikuti gaya artis Korea yang memang lagi booming banget.

Baju Muslim Pria

Yang pertama sering teringat ketika membahas mengenai baju muslim pria adalah baju koko. Selain baju koko model gamis pria pun sering kita jumpai di lingkungan sekitar. Apalagi ketika menjelang perayaan hari raya keagamaan atau menunaikan shalat jumat.

Seperti halnya influencer wanita yang memberikan informasi atau inspirasi terkait mix and match busana untuk wanita, kini banyak didapati influencer pria yang memberikan tips and trick mix and match untuk pria. Sehingga tampilan yang menawan bisa didapatkan oleh para pria. 

Dari sekian banyak mode pakaian muslim pria yang sering digunakan oleh pria indonesia, kemeja koko masih menjadi pilihan yang banyak diminati. Hal tersebut karena tampilan yang diberikan memberikan kesan yang trendi dan stylish. 

Ide Mix and Match Baju Muslim Pria

Pakai Kemeja Koko untuk Acara Formal dan Semi Formal

Banyak yang ragu mengenakan kemeja kerah koko ke acara formal karena khawatir tidak sesuai dengan dresscode. Padahal, ini bisa disiasati dengan mengkombinasikan kemeja koko ini dengan celana hitam slim fit, sepatu hitam, plus sentuhan blazer. Tampil beda di acara formal pun tidak lagi menjadi masalah berarti.

Ide tampilan pertama ini cocok untuk dipakai menghadiri acara formal. Kemeja koko dari heritage series ini memiliki aksen lipatan di bagian bawah baju sehingga memberikan kesan rapi. Jika kamu bosan dengan warna putih broken white yang terkesan monoton, kamu bisa memilih warna lain dari kemeja koko heritage series ini.

Warna putih menjadi salah satu warna baju yang cukup istimewa, karena sebagian orang meyakini warna baju putih memiliki kesan eksklusif dan elegan. Sedangkan warna pearl blue  memberikan kesan segar dan damai. Warnanya yang lembut sangat cocok untuk menghadiri acara yang lebih santai atau dipakai untuk berlibur.

Seperti dua warna sebelumnya, penggunaan warna mauve pada kemeja koko pun dapat memberikan kesan yang elegan. Kedua warna ini cocok untuk dipadukan bersama warna-warna netral seperti abu-abu atau beige. Jika kamu ingin mencari kombinasi yang aman kamu bisa memadukan nya dengan celana berwarna hitam saja.

Kesan Classy dari Warna Kemeja Koko Monokrom

Outfit monokrom merupakan penggunaan satu warna pada beberapa outfit dalam satu tampilan. Gaya ini cocok untuk kamu yang tidak terlalu suka warna-warna yang lebih dari satu warna.

Untuk kemeja koko berwarna hitam ini kamu bisa temukan di kemeja koko Dayana series.  Kamu bisa mengkombinasikan kemeja koko dengan celana hitam dan dilengkapi pilihan sepatu yang cocok akan memberikan kesan berwibawa. Untuk tampilan yang lebih mendukung kamu juga bisa menambahkan jas atau blazer warna abu atau warna yang senada lainnya.

Tampil Mempesona dengan Warna Burgundy

Buat kamu yang udah terlalu sering pakai kemeja koko dengan warna-warna yang cenderung aman seperti warna netral hitam dan putih, kamu bisa coba di warna lain. kamu bisa pilih kemeja koko dari Athaya Series di warna burgundy. 

Warna burgundy memberikan kesan menarik dan mempesona. Ini merupakan perpaduan dari warna merah, ungu dan sedikit coklat. Dan Warna burgundy bisa kamu padu kan dengan warna hitam atau beige untuk memberikan kesan aman dan elegan, Kamu juga bisa memadukan nya dengan bawahan putih untuk menonjolkan warna burgundy pada kemeja koko.

Pada akhirnya, kamu tidak akan mendapatkan kesan yang monoton ketika menggunakan kemeja koko. beberapa inspirasi tersebut bisa jadi ide untuk mix and match baju kemeja koko agar tetap tampil keren dan menawan.

Jadi tunggu apalagi, segera dapatkan series favorit mu di Dthree sekarang juga. Tampil menawan dan berkharisma dengan kemeja koko dari Dthree.

Pertanyaan yang sering di Ajukan (FAQs)

  1. Bagaimana agar tetap menawan saat menggunakan kemeja koko?
    Kamu bisa memadu padankan warna yang cocok antara baju koko dan celana nya. Pilihlah model celana yang disesuaikan dengan persepsi serta kegiatan yang dihadiri. Tambahkan aksesoris seperti clutch agar menambah kesan maskulin.
  2. Kemeja koko cocok dipakai dimana aja?
    Pemilihan kemeja koko sangat cocok untuk dipakai menghadiri acara formal ataupun semi formal. Kamu hanya harus memadupadankan kemeja koko, celana, sepatu, dan aksesoris tambahan lainnya yang sesuai.

 

Author: Siti Nurul Hanapiah