Jangan Salah, Ini Bedanya Baju Kurta dan Baju Koko

Barangkali Anda adalah orang yang suka mengoleksi baju, khususnya pakaian muslim? Jika benar, tentu Anda sudah tak asing lagi dengan jenis dan perbedaan antara baju koko dibandingkan kurta.

Ya, semua jenis pakaian tersebut sangat sering digunakan oleh para pria untuk pergi ke masjid atau saat perayaan hari besar islam. Namun, sebagian besar masyarakat masih menganggap bahwa busana muslim selalu identik dengan baju koko. Padahal, ada banyak jenis baju muslim yang dapat dijadikan pilihan. Tak hanya baju koko, ada baju kurta.

Apa perbedaan antara baju koko dan baju kurta, silahkan simak ulasan berikut ini.

Baju Koko

Baju koko memang begitu identik dengan sebutan baju muslim Indonesia. Teapi, jangan salah sangka dulu, karena baju ini bukan merupakan baju yang berasal dari Indonesia. Asal mula baju ini adalah dari China, dimana banyak engkoh atau pria China yang memakai baju ini saat pergi dan berniaga di Batavia. Akhirnya, masyarakat Betawi kemudian mengadopsi baju ini menjadi baju Tikim. Perkembangan baju ini juga sangat pesat. Kita bisa menemukan baju ini hampir disetiap toko baju di kota kita. Bahkan, setiap acara keagamaan di sekolah, selalu dihimbau untuk memakai baju ini. Apalagi saat Idul Fitri, hampir semua muslim pria menggunakan baju ini untuk pakaian lebarannya.

Hingga saat ini, model baju koko telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Model-model terbaru pun juga banyak bermunculan. Ada baju koko kerah bulat, bentuk V, lengan pendek/panjang, hingga baju koko dengan motif tertentu. Banyaknya model inilah yang mungkin membuat banyak orang suka dengan baju yang satu ini. Untuk warnanyapun bukan lagi hanya didominasi dengan warna putih semata, tetapi hamper semua warna diproduksi untuk baju. Tergantung selera dan pilihan konsumen masing-masing.

Baju Kurta

Baju kurta merupakan baju yang juga berasal bukan dari Indonesia. Baju jenis ini banyak dijumpai di Negara seperti Afghanistan, India, dan Pakistan. Baju kurta tergolong sebagai pakaian yang cukup longgar dan panjang bagian bawahnya bisa mencapai lutut. Di India, baju ini biasa dipakai oleh pria dan wanita dengan paduan bawahan yaitu paijama, churidar, atau dhotis. Namun, seiring berkembangnya zaman, kurta juga sering dipadukan dengan celana jins.
Anda bisa memakai baju ini pada acara keagamaan seperti Idul Fitri ataupun untuk solat. Untuk mendapatkannya juga tidak susah, Anda bisa berkunjung ke toko busana muslim di kota Anda. disana Anda akan menemukan berbagai macam kurta, mulai dari model yang beragam hingga ukuran yang bervariasi.

Sedangkan di Indonesia baju kurta ini hanya dipakai oleh laki-laki. Perkembangan baju kurta saat ini begitu pesat dan sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Berbeda dengan baju koko yang masih sangat classic, sehingga banyak dijumpai diacara-acara keagamaan saja. Sedangkan baju kurta didesain begitu elegant dan simpel sehingga baju ini bisa digunakan dalam semua kondisi dan aktivitas sehari-hari. Tidak sedikit masyarakat Indonesia menggunakan baju kurta untuk bekerja kantoran bahkan sampai di mall pun sering kita jumpai masyarakat menggunkan baju kurta ini. Apakah anda pernah membeli bahkan memaki baju kurta? Cobain deh sensainya menggunkana baju kurta ini. Satu baju untuk semua acara dan aktivitas dalam satu hari.
Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

X

TOP

X