Inilah Asal Usul Baju Kurta

Negara Indonesia merupakan negara dengan penduduk beragama Islam terbesar di dunia. Sehingga berbagai kegiatan keagamaan sering kita jumpai di sekitar tempat tinggal kita. Diantaranya adalah pengajian, khataman Al Qur’an, solat berjamaah, hingga perayaan hari besar Islam. Dengan banyaknya kegiatan tersebut, maka tak heran jika trend fashion muslim mengalami perkembangan yang sangat pesat. Adab berpakaian dalam Islam adalah memakai pakaian yang dapat menutupi aurat. Namun seiring berkembangnya zaman maka gaya berbusana juga mengalami perkembangan. Salah satunya dengan muncul Namanya baju kurta sebagai pengembangan dari bajo koko yang selama ini sangat familiyer sebelumnya.

Dengan banyaknya aktivitas keagamaan di Indonesai memunculkan perkembangan baru membuat berbagai jenis pakaian muslim bermunculan. Baju ini merupakan adopsi atau perpaduan gaya baju asal negara lain. Salah satunya adalah baju koko yang merupakan akulturasi budaya China dan Betawi. Baju koko kemudian sangat identik dengan baju muslim. Sehingga apabila ada baju yang bernuansa Islam, pasti disebut baju koko. Padahal ada baju muslim lain seperti baju takwa dan baju kurta. Mungkin baju jenis takwa sudah sering Anda dengar. Namun pernahkah Anda mendengar istilah baju kurta, dan apakah Anda tahu bagaimana asal usulnya? Jika belum tahu, simak ulasan berikut.

Kata “kurta” merupakan kata yang berasal dari bahasa Urdhu atau Persia. Arti dari kata ini adalah pakaian berpotongan kemeja tanpa kerah, dengan panjang sampai lutut. Kurta merupakan pakaian tradisional yang dipakai oleh penduduk di berbagai Negara seperti India, Afghanistan, Bangladesh, Pakistan, Nepal, dan juga Sri Lanka. Kurta adalah baju longgar yang bagian bawahnya mencapai lutut. Di negara asalnya, kurta dipakai oleh pria dan wanita bersama dengan paijama, churidar, atau dhotis. Namun ditengah zaman modern, kurta juga sering dipakai bersama celana jeans. Kurta ini juga biasa dipakai dalam kegiatan sehari-hari dirumah, ataupun pada acara formal.

Namun, jika dalam Islam, yang biasa memakai baju kurta ini adalah pria. Karena kurta yang dipakai oleh perempuan belum bisa menutupi aurat secara menyeluruh. Nah, asal mula baju ini menjadi trend baju muslim pria saat ini, tak lain adalah karena bentuknya yang unik serta coraknya yang beragam. Keunikannya terletak pada bagian bawah kain yang panjang hingga lutut. Tentu model seperti ini tidak akan ditemukan pada baju koko, atau takwa. Selain itu banyak variasi baju kurta yang dijual dipasaran. Jika di Negara asalnya baju ini tidak memiliki kerah, namun di Indonesia kita bisa menemukan baju kurta dengan kerah.

Saat ini baju kurta begitu sangat digemari oleh masyarakat Indoesia, mengingat model baju ini bukan lagi classis dan penggunaannya spesifik yang kebanyakan hanya digunakan untuk ibdah keagamaan semata. Namun lebih dari itu semuanya, penggunaan baju kurta saat ini bisa lebih general mulai dari baju casual yang bisa dipakai ngantor, jalan-jalan bahkan tidak jarang juga dipakai buat ngeMall

Leave a Comment

Your email address will not be published.

X
X