Cara Merawat Baju Koko Agar Tahan Lama
Cara Merawat Baju Koko Agar Tahan Lama
Baju Koko Kurta Hijrah Hijau Botol

DTHREE – Halo Threelova, baju koko memang tidak seperti baju lainnya yang biasa dikenakan setiap hari, baju koko hanya digunakan pada saat-saat tertentu. Misalnya, ketika beribadah sholat Jumat, menghadiri kegiatan keagamaan ataupun saat hari raya. Karena waktu pemakaiannya yang berbeda, merawat baju koko pun memerlukan perhatian lebih. Jika kamu tidak merawat dengan baik, baju koko bisa mudah rusak dan waktu pemakaiannya pun jadi lebih singkat.

7 Cara Mudah Merawat Baju Koko

Untuk merawat baju koko kesayanganmu, simak 7 cara mudah merawat baju koko agar tahan lama berikut ini.

1. Pisahkan baju koko berwarna putih dengan cucian lainnya
Baju berwarna putih jenis apapun sangat rentan kotor dan terkena lunturan pakaian lain. Hal ini pun berlaku untuk baju koko berwarna putih. Ketika mencuci baju koko berwarna putih, pisahkan baju ini dengan pakaian berwarna lainnya. Hal ini akan menghindarkan baju koko putih dari lunturan baju lainnya.

2. Gunakan pemutih dengan bahan ringan
Pada beberapa kasus, noda pada baju koko putih sangat sulit untuk dibersihkan. Karena hal ini, kamu jadi harus menggunakan pemutih pakaian. Ketika kamu terlalu sering mencuci baju koko putih dengan pemutih pakaian, kain bajumu jadi semakin tipis.
Kalau sudah begini, umur baju yang seharusnya lebih panjang jadi lebih pendek karena pemutih pakaian. Sebaiknya jangan terlalu sering mencuci baju koko dengan pemutih pakaian. Kalaupun perlu, pilih pemutih ramah lingkungan yang berbahan tidak terlalu keras.

3. Usahakan mencuci baju koko dengan tangan
Baju koko dengan bahan yang lembut memerlukan perawatan ekstra. Kamu tidak bisa mencucinya secara sembarangan, apalagi menggunakan mesin cuci. Sebaiknya cuci baju koko berbahan lembut dan tipis hanya dengan tangan, kucek baju pada bagian-bagian yang diperlukan saja. Penggunaan sikat justru akan merusak tekstur dari baju koko yang tipis.

4. Letakan kapur barus di dalam lemari
Tidak semua pria menggunakan baju koko secara terus-menerus. Beberapa di antaranya justru hanya memakai baju koko pada saat-saat tertentu. Jika baju koko jarang digunakan, kamu perlu menyimpannya dengan baik. Letakkan kapur barus di dalam lemari, untuk menghindari jamur dan bau apek pada baju koko.

5. Keringkan baju koko secara alami
Hindari pemakaian pengering ketika mencuci baju koko. Pengering pada mesin cuci dapat merusak tekstur pakaian jika digunakan secara rutin. Oleh karena itu, keringkan baju koko di bawah sinar matahari. Kamu juga tidak perlu terlalu lama menjemur baju koko, dua sampai tiga jam hingga kering sudah cukup. Jika hari mendung, kamu dapat mengeringkannya di dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

6. Cuci baju koko seperlunya
Jika baju koko hanya dipakai sebentar, misalnya hanya untuk sholat ke masjid, kamu tidak perlu langsung memasukannya ke keranjang cucian. Baju yang masih bersih dan baru sebentar dipakai, sebaiknya gantung atau jemur baju di bawah sinar matahari selama sekitar dua jam. Untuk baju koko yang digunakan cukup lama atau sampai seharian, cucilah sewajarnya dengan cara-cara yang sebelumnya telah disebutkan di atas.

7. Simpan baju koko dengan baik
Merawat baju bukan hanya soal mencuci dan mengeringkan saja, kamu juga perlu memerhatikan penyimpanan baju. Agar baju koko yang kamu miliki terawat dengan baik, kamu bisa menyimpannya dengan cara digantung. Cara ini akan membuat baju koko tetap rapi meskipun tidak dipakai. Gunakan pula kapur barus agar lemari pakaian tidak lembab dan kondisi pakaian tetap terjaga.

Itulah 7 cara yang bisa kamu lakukan agar baju kokomu awet tahan lama. Semoga bermanfaat yaaa.

Dapatkan produk Dthree di website dthree.co.id maupun di marketplace seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, dan Tokopedia.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

X

TOP

X