flash SALE HIJAB ANAK CUMAN 1.000

Adaptasi Fashion Hijab Casual Antara Trend dengan syariat.

Trend fashion hijab ini telah mendunia dan semakin berkembang. Fenomena ini dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari bahwa penggunaan hijab di kalangan muslimah semakin berkembang dengan cepat. Dengan adanya trend hijab ini dapat menginspirasi muslimah untuk mengawali atau memulai untuk mengenakan hijabnya. Selain itu, di era modern saat ini. Gaya berpakaian juga menjadi salah satu cara bagi kaum muslimah untuk mengekspresikan identitas diri mereka. Fenomena fashion hijab casual telah menjadi tren yang populer di kalangan muslimah, terutama di kalangan anak muda zaman sekarang. Gaya berpakaian ini memadukan unsur kesederhanaan dan kemodernan. Memungkinkan muslimah untuk tampil stylish dan mengikuti perkembangan tren terkini namun tetap sesuai dengan syariat islam. 

Proses Adaptasi Hijab Muslimah

Busana muslimah baru terkenal di Indonesia kurang lebih pada tahun 1980 an. Pada tahun itu pengaruh gerakan Islam dari Timur Tengah mulai terlihat. Sejarah panjang Islamisasi di Indonesia memungkinkan adanya korelasi yang erat antara para akademisi Indonesia dengan para guru yang berasal dari Timur Tengah. Para mahasiswa yang dikirim oleh Dewan Dakwah untuk melanjutkan studi di Saudi Arabia atau mesir, kembali ke Indonesia membawa buku-buku dan gagasan perihal pentingnya pembaharuan kepercayaan dan praktek Islam. Oleh sebab itu, salah satu karakteristik paling menonjol dari potret Islam di Indonesia semenjak waktu itu ada hubungannya dengan gerakan global dan keluarnya tanda-tanda serta praktek Islam di Universitas, termasuk Jilbab atau hijab. Sejak periode inilah istilah jilbab atau hijab mulai dikenal serta dikenakan.

Upaya Muslimah Modern untuk Tetap Tampil Modis Namun Sesuai dengan Syariat

Upaya muslimah modern dalam mengikuti trend fashion hijab casual yang tetap terlihat modis namun tetap syar’i ini dihadapkan pada tantangan untuk menyeimbangkan keinginan tampil stylish mengikuti tren fashion terkini dengan kewajiban mematuhi syariat islam. Namun, dengan kreativitas dan pemahaman yang baik, hal ini dapat diwujudkan melalui beberapa upaya yaitu:

  1. Memahami batasan aurat dan kriteria busana muslim yang sesuai syariat. Hal ini menjadi landasan penting agar gaya berbusana tetap berada dalam koridor yang diperbolehkan agama.
  2. Mengombinasikan item busana kasual seperti atasan muslim, celana panjang, dan outer dengan tetap menutup aurat secara proporsional. Misal dengan memadukan kemeja muslim dengan celana kulot dan cardigan panjang. 
  3. Memilih bahan busana yang tidak terlalu ketat atau memperlihatkan lekuk tubuh sehingga tetap terkesan anggun dan syar’i.
  4. Memanfaatkan berbagai model hijab modern seperti hijab pashmina, square hijab, atau turban yang dipadu padankan dengan busana kasual namun tetap menutup dada.
  5. Mengeksplorasi mix and match berbagai warna dan motif busana muslim dalam gaya yang trendy namun tidak berlebihan seperti tidak memakai warna baju yang terlalu mencolok.
  6. Memanfaatkan aksesoris seperlunya seperti tas, sepatu, atau kalung untuk menunjang penampilan tanpa berlebihan.

Dengan begitu para muslimah dapat tampil percaya diri dengan gaya hijab yang kasual dan sesuai keinginan yaitu fashionable dan kekinian namun tetap mengikuti koridor yang telah ditetapkan oleh agama islam dalam menutup aurat. Yang terpenting adalah niat dan semangat untuk tetap konsisten menutup aurat dengan kreatif dan stylish.

Tips Dan Contoh Gaya Hijab Casual Yang Sesuai Dengan Syariat Islam

Berikut ini adalah beberapa tips dan contoh gaya hijab casual yang sesuai dengan syariat Islam:

Tips:
  1. Pilih busana berbahan tidak ketat/tipis sehingga tidak memperlihatkan lekuk tubuh.
  2. Kenakan atasan panjang yang menutupi area dada dan pinggul.
  3. Padukan dengan celana panjang longgar atau rok panjang di bawah lutut.
  4. Gunakan hijab atau jilbab yang menutupi kepala, leher dan dada.
  5. Hindari busana dengan corak atau motif yang terlalu mencolok.
  6. Batasi penggunaan aksesoris berlebihan agar tetap terlihat sederhana.
  7. Utamakan warna-warna yang lembut dan tidak mencolok.
Contoh Gaya

Gaya pakaian memadupadankan rok, atatasan batwing dengan pashmina yang menutup dada sangat menarik dan terlihat kekinian apalagi ditambah dengan aksesoris seperti tas atau sepatu yang dipakai menjadikan pakaian yang dipakai itu fashionable dan sylish sesuai dengan style zaman sekarang.

Pakaian bermotif yang dibaluti dengan kerudung pashmina berwarna nude itu sangat terlihat elegant dan pakaian tersebut dapat digunakan pada waktu santai ataupun semi formal. Kalo kata zaman sekarang outfit diatas itu merupakan outfit yang aesthetic. 

Dengan memakai pakaian trend dan tertutup itu tidak menjadikan kalian tidak fashionable dan stylish karena di zaman sekarang banyak sekali pakaian atau hijab yang sudah mengikuti trend yang menjadikan kalian tetap dapat mengikuti trend pakaian zaman sekarang dengan sesuai syariat. Dengan memakai gamis atau rok dan dipadupadankan dengan warna tertentu menjadikan kalian lebih elegant, menarik, kece dan pastinya tetap sylish.

Fenomena fashion hijab casual

Menjadi tren di kalangan muslimah masa kini memunculkan tantangan tersendiri dalam upaya menyeimbangkan keinginan untuk tampil stylish mengikuti perkembangan tren dengan kewajiban mematuhi syariat. Meski demikian, dengan pemahaman yang baik dan kreativitas, kedua hal tersebut dapat dipadukan dengan harmonis. Dengan cara mengeksplorasi gaya hijab casual yang sederhana namun tetap modis dengan memadukan berbagai item busana seperti atasan muslim, celana panjang atau rok, dan outer yang menutup aurat.

Ingin terlihat fashionable dengan menggunakan pakaian muslim? Yu lihat koleksi fashion muslim wanita yang sudah kami hadirkan dengan balutan keindahan yang sesuai dengan syariat. Jangan lewatkan koleksi produk terbaru kami, bisa langsung aja klik dthree untuk melihat lebih lengkap koleksi yang disediakan! Tampil anggun dan elegant bersama dthree!

Pertanyaan yang sering di Ajukan (FAQs)
  1. Mengapa tren fashion hijab casual menjadi populer di kalangan muslimah masa kini?
    Tren ini populer karena menjawab kebutuhan muslimah modern untuk tampil stylish dan mengikuti perkembangan mode tanpa melanggar kaidah agama dalam berbusana.
  2. Bagaimana cara menyeimbangkan tren fashion dengan syariat Islam dalam berbusana?
    Caranya dengan memahami batasan aurat dan kriteria busana syar’i, memilih bahan busana yang tepat, mengombinasikan item busana kasual dengan tetap menutup aurat, serta menghindari gaya yang terlalu mencolok.
  3. Bagaimana peran masyarakat dan pemerintah dalam mendukung fashion hijab sesuai syariat? 
    Masyarakat dan pemerintah dapat berperan dalam memberikan edukasi, sosialisasi, serta regulasi terkait busana muslim yang sesuai syariat agar  menjadi panduan bagi desainer dan industri fashion muslim.

 

Author: Neng Suci Nuratia